Mari Berdoa Agar Tambah Sukses

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

(Allahummak fini bihalalika ‘an haramika, waghnini bifadhlika ‘amman siwaka).

Artinya, “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

01/05/2014

Fermentasi Pakan Bebek atau Ayam Kampung Dengan Ragi Tape Jerami

Fermentasi pakan bebek atau ayam kampung dengan Ragi Tape Jerami adalah untuk meningkatkan nilai gizinya, yakni dengan proses pemecahan protein sehingga menjadi bentuk yang siap diserap tanpa banyak memuang sisa. Produk ini mampu menambah nafsu makan ayam atau bebek, serta membangun sistem imunitas bebek atau ayam denan lebih baik. Proses fermentasi juga mengurangi oligosakarida yang membuat pakan susah dicerna.

fermentasi pakan bebek, ragi tape jerami, pakan ternak

Kandungan Ragi Tape Jerami:

1. Bakteri Acetobacter yang berfungsi menghasilkan senyawa selulosa dengan derajat kemurnian yang tinggi. 

2. Jamur Rhizopus yang memproduksi enzim phytase yang mencerna phytates, sehingga meningkatkan penyerapan mineral seperti zinc, besi, dan kalsium.

Jamur ini menghasilkan Enzim berupa protease, lipase, dan amilase yang dalam organ pencernaan unggas berfungsi mencernakan lemak, protein dan pati. Jamur ini juga menghasilkan enzim yang berfungsi melunakkan pakan. Selain itu, Jamur Rhizopus juga memproduksi zat antibiotika alami untuk melawan sejumlah organisme merugikan.

3. Aspergillus niger merupakan sejenis jamur yang bersifat fakultatif dan dapat berkembang dalam kondisi aerob maupun anaerob. Oleh karena itu, penggunaan mikroba menjadikan proses fermentasi lebih praktis karena tidak perlu tertutup rapat. Jamur ini menghasilkan asam sitrat yang merupakan asam organik lemah yang merupakan senyawa untuk bahan pengawet yang baik dan alami.

Teknik fermentasi ini mendapat dukungan dari hasil penelitian yang dilakukan Litbang Deptan Jawa Barat.
http://www.sehatme.com/2016/09/racun-lalat-toxilat-3-in-1-ampuh-basmi.html
Cara pemakaian: 
  • 5 gr Ragi Tape Jerami per 10 kg pakan (bahan pakan bisa berupa: bekatul, nasi aking, jagung sisa pipilan yang terbuang, gabah hampa, ampas kelapa, cacahan enceng gondok, bonggol jagung giling, ampas tahu, ampas singkong). 
  • Dengan dibasahi sekedar lembab dengan ramuan ragi, pakan diperam 2 hari di wadah tertutup dengan sedikit ventilasi.
  • Paling mudah fermentasi dilakukan di dalam karung bekas pakan karena ada pori-pori sebagai ventilasi udara. 
  • Jika pakai karung jangan langsung diletakkan di atas tanah/lantai, beri landasan kayu atau bambu. Ini agar tidak terkontaminasi jamur aflatoxin yang berbahaya. 
Fermentasi dinyatakan selesai manakala muncul salah satu atau lebih dari tanda-tanda berikut ini:
  • Timbul bau wangi karamel (seperti bau gula yang digoreng tanpa minyak).
  • Muncul kapang/jamur berkelompok berwarna putih atau kuning.
  • Saat wadah diraba, terasa temperatur hangat. 
Selanjutnya keringkan pakan sebelum dihidangkan pada ayam atau bebek. Jika pakan yang difermentasi dengan ragi tape jerami sangat banyak, misalnya, disiapkan untuk cadangan selama musim paceklik, sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari setelah selesai fermentasinya. Kemudian disimpan di dalam karung lagi.

1 botol Ragi Tape Jerami cukup untuk memfermentasi 1000 kg bahan pakan (1 ton).
Volume: 500 gr/botol. ragi tape. ternak bebek.

Harga:    Rp 25.000/botol 500 gram. ragi tape. ternak bebek.

Pembelian: Sunardi HP 081578729803. ragi tape. ternak bebek.