Cara Memilih Sapi Betina yang Baik dan Berkwalitas

Cara Memilih, merawat, memelihara Sapi Betina yang Baik, super
sumber gambar: infoagribisnis.com

Memilih sapi betina yang baik mungkin sulit bagi peternak pemula, tapi hal ini penting bagi seorang peternak. Sapi betina yang berkwalitas akan bereproduksi dengan baik. Dengan reproduksi yang baik tentu hasil usaha ternak akan maksimal. Pilihlahh sapi betina super yang unggul kwalitasnya. Selain memilih sapi betina yang berkwalias, tentu perlu manajemen yang baik juga agar kwalias sapi betina terjaga. Teruslah belajar bagaimana cara merawat sapi betina. Dengan pemahaman yang baik tentang cara memelihara sapi betina yang baik, hasil usahah akan maksimal. Berikut beberapa tips cara memilih sapi betina yang baik.

Tingkah Laku Sapi Betina yang Baik

Sapi betina yang sudah siap kawin biasanya tingkah lakunya berbeda dengan biasanya. Itu itu, sebelum membeli sapi betina, pastikan tingkah lakunya sudah menunjukkan sensualitas yang cukup tinggi untuk kawin. Sapi betina yang baik biasanya lincah gerakannya, namun tidak liar. Pastikan birahinya stabil dan terjaga.

Baca juga: Cara Ternak Sapi Lokal

Penampakan luar sapi betina Berkwalitas

Cara memilih sapi betina yang baik dan berkwalitas yang kedua adalah dengan memperhatikan bagian luar sapi betina yang akan dibeli. Pastikan sapi betina terlihat sehat dan tidak ada cacat turunan, lihat kepala, leher dan badannya, pastikan tampak serasi, warna bulu sapi betina juga sesuai dengan jenis atau bangsa. Jika yang akan dibeli sapi PO betina, maka pastikan warna sapi  putih. Jika sapi betina yang akan dipilih adalah sapi madura, maka warna sapi harus coklat. Demikian juga jika hendak membeli sapi bali betina, maka pastikan warna sapi merah bata. Sapi betina yang sehat dan berkwalitas, mata dan kulitnya tampak mengkilap.

Ukuran sapi betina yang Bagus

Cara memilih sapi betina berkwalitas yang kedua adalah dengan memperhatikan ukurannya. Pastikan ukuran badan atau beratnya proporsional, tidak terlalu gemuk. Sapi betina yang terlalu gemuk biasanya mandul. Leher sapi betina yang baikk panjang dan besar. Pastikan kakinya tampak kokoh dan kuat.

Organ Reproduksi Sapi Betina

Organ reproduksi sapi betina penting untuk diperhatikan sebelum memilih sapi betina untuk dijadikan indukan. Pastikan tidak ada kelainan pada bagian luar organ seproduksinya, juga tidak terindikasi ada penyakit yang menular dan mengganggu reproduksi. Organ reproduksi yang baik tentu akan berpengaruh baik bagi reproduksi sapi. Sebaliknya, jika ada kelainan yang berdampak buruk, bisa merugikan dan mengganggu reproduksi sapi.

Nafsu makan Sapi Betina yang Sehat

Nafsu makan juga perlu diperhatikan. Sapi betina yang sehat tentu nafsu makannya stabil, berbeda dengan sapi sakit atau yang sedang terganggu kesehatannya. Sapi betina yang nafsu makannya stabil, tentu asupan gizinya akan terpenuhi dengan maksimal.

Umur Sapi Betina

Pastikan umur sapi betina sudah sesuai dengan usia reproduksi sebab sapi betina memiliki masa subur pada usia tertentu. Umur sapi betina yang bagus untuk dikawinkan adalah pada usia sekitar 18-24 bulan. Masa subur sapi betina ini akan berakhir sekitar umur 6-7 tahun, biasanya sudah 4-5 kali bereproduksi. Untuk mengetahui umur sapi betina bisa diperhatikan melalui gigi dan lingkar tanduknya. Banyak yang lebih memilih melihat gigi karena dianggap lebih akurat untuk menentukan usia sapi.

Demikian sekilas tips dan cara memilih sapi betina yang berkwalias yang penulis rangkum dari berbagai sumber.

referensi:
journal.ugm.ac.id
pksb.unud.ac.id
sapibagus.com

0 Response to "Cara Memilih Sapi Betina yang Baik dan Berkwalitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel