Tips Beternak Burung Kenari Menuju Sukses

ternak burung kenari, budidaya burung kenari, kenari jantan dan betina
Beternak burung kenari merupakan salah satu usaha yang mengasikkan dan menguntungkan. Peternak bisa menikmati keindahan dan warna burung kenari, serta mendapatkan penghasilan uang dari hasil ternaknya. Tetapi, beternak tanpa pengetahuan sama denan berlari dengan memejam mata. Peternak perlu tahu  usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak sebelum menjalankannya.

Perbedaan kenari jantan dan kenari betina
Peternak harus bisa membedakan kenari jantan dan betina. Meskipun ini tidak wajib, tetapi ini perlu. Ada beberapa ciri yang menunjukkan kenari jantan dan betina. Kenari jantan biasanya lebih ramping dari kenari betina. Mata kenari jantan lurus dengan paruhnya, sementara kenari betina agak keatas. Pada usia satu tahun, kenari jantan lebih suka berkicau, sementara kenari betina banyak diam.

           Baca juga Cara Ternak parkit

Untuk membedakan kenari jantan dan betina di waktu kecil, berikut tanda-tandanya. Pada waktu berusia 3 hari, pembuluh vena pada kenari jantan di bagian sebelah perut turun menujuu dubur. Pada kenari betina tidak nampak. Sebelum tumbuh bulu, kepala kenari jantan lebih pipih dan lebih panjang. Sementara kepala kenari betina lebih bulat. Pada waktu sudah bias melompat, anakan kenari jantan dapat melompat lebih jauh.

Usia kenari yang ideal untuk diternak
Usia kenari yang ideal untuk diternak yakni saat mereka sudah siap untuk kawin atau sudah birahi. Kenari betina biasanya pada usia 6 bulan, sementara usia kenari jantan 8 bulan. Jenis Yorshire berbeda dengan jenis kenari lainnya, jenis ini biasanya baru siap kawin pada usia 1 tahun, lebih lama dari yang lainnya.

Proses perjodohan burung kenari
Proses perjodohan burung kenari tidak sembarangan. Tidak semuau kenari betina cocok dengan kenari jantan. Jika tidak cocok, keduanya akan berkelahi. Jika kenari jantan kalah, maka bisa menyebabkan kenari jantan tersebut trauma untuk mendekati betina lagi.

Sebaiknya letakkan dulu di sangkar atau kandang yang sudah diberi sekat, atau dua sangkar yang berdekatan. Ini dilakukan untuk mengetahui kecocokan kenari tersebut. Untuk menambah birahi, isa dijemur setiap pagi selama kurang lebih 2 jam (jam 8-10 pagi). Bisa lebih dari satu pejantan agar si betina lebih birahi. Jika sudah ketahuan cocok, maka bias disatukan.

Proses pengeraman telur kenari


jika sudah kawin, maka bias disediakan serabut kelapa, atau dibuatkan sarang sekalian. Jika kenari jantan agresif, sebaiknya dipisah saat kenari betina mengeram. Pengeraman biasanya berlangsung selama 12 hari. Untuk menjaga suhu kandang, bisa disediakan lampu bohlam.

0 Response to "Tips Beternak Burung Kenari Menuju Sukses"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel