Mari Berdoa Agar Tambah Sukses

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

(Allahummak fini bihalalika ‘an haramika, waghnini bifadhlika ‘amman siwaka).

Artinya, “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

28/11/2014

Ternak Ayam Kampung Trend Usaha Indonesia


______________________________________________________________
Ternak ayam kampung kini menjadi trend usaha ternak di Indonesai. Jenis ayam kampung dulunya hanya dipelihara secara tradisional di Indonesia. Di desa, hampir semua orang kampung memlihara ayam ampung. Biasanya diberi makan sisa-sisa makanan di pagi hari, ada yang diberi pakan pagi dan sore. Ayam kampung yang dipelihara secara tradisional tersebut diumbar atau dilepas, dibiarkan bermain untuk mencari makan sendiri.

Ternak ayam, ternak ayam kampung, usaha ternak ayam kampung

Usaha Ternak ayam kamung masa kini sudah mengalami perkembangan. Ayam kampung sudah tidak hanya diternak secara tradisional. Tetapi sudah benar-benar dijadikan usaha yang menghasilkan uang. Baik itu berupa usaha pokok atau usaha sampingan.

Peluang Ternak Ayam Kampung

Peluang ternak ayam kampung cukup menjanjikan. Baik itu berupa usaha ternak ayam kampung petelur atau pedaging. Fakta di masyarakat, daging ayam kampung lebih diminati dibanding ayam broiler. Kebutuhan masyarakat akan daging ayam kampung belum bisa dipenuhi, mengingat pertumbuhan ayam ini lebih lambat dari pada ayam sejenis broiler. Namun, sekarang sudah ada ayam kampung super yang bisa dipanen kurang lebih pada usia 40 hari.

Ternak Ayam Kampung Sebagai usaha Pokok

Jika anda beternak ayam kampung sebagai usaha pokok, tentu tidak dianjurkan untuk menerapkan sitem tradisional. Cara diumbar memang memiliki keuntungan irit pakan, namun kelemahannya, ayam menjadi tidak terkontrol kesehatannya, pakannya juga tidak higienis. Untuk usaha pokok, sebaiknya dikandangkan dengan perencanaan yang cukup matang.

Ternak Ayam Kampung Sebagai usaha Sampingan

Ternak ayam kampung sebagai usaha sampingan bisa dengan sistem tradisional. Jadi anda tidak perlu repot menyediakan kandang yang bagus dan pakan yang banyak. Ayam kampung hanya butuh tempat berteduh pada malam hari. Tetapi harus aman dari hama pemangsa. Pakan hanya dibutuhkan pagi hari, jika sore hari sudah terlihat kenyang semua, tidak usah diberi pakan pun tidak masalah.

Rahasia Sukses Ternak Ayam Kampung

Sebelum memulai usaha ternak ayam kampung, dalam usaha apapun, siapkan mental: bahwa anda memang benar-benar ingin berbisnis dan sukses. Mulai dari ternak skala kecil dulu. Gali informasi tentang seluk-beluk ternak ayam kampung. Fokus menentukan arah usaha. Mau usaha petelur atau pedaging.

______________________________________________________________

0 comments:

Post a Comment